Windows XP References

  • Mengkustomasi Tampilan Setup pada Windows XP

    Pada postingan terdahulu, kita telah paham memanfaatkan software nlite untuk mengintegrasikan update pack dan software tambahan pada instalasi Windows XP. Kali ini saya akan mengajak anda untuk sedikit mengutak-atik tampilan setup pada Windows XP supaya terasa lebih 'gue'. Jika anda berminat pada tampilan contoh di atas, silakan baca kelanjutannya. Modifikasi Screen Sebelum kita memodifikasi anda harus menyiapkan hal berikut : 1. Copy File Winntbbu.dll di dalam folder i386 sebagai backup. 2. Download software pembantu untuk memodifikasi Read More
  • Menginstal Windows XP melalui USB Flash Drive

    Pada artikel terdahulu, telah saya jelaskan cara menginstal Windows Vista melalui USB dan menginstall XP secara normal melalui CD rom. Barangkali sebagian dari anda telah mencobanya dan InsyaAlloh tidak mengalami kesulitan...Tulisan ini berawal dari keluhan rekan saya asal Philipine yang mengalami kesulitan dalam menginstal Windows karena pada komputernya tidak tersedia CD rom, sementara sistem yang terinstal merupakan Program Linux dan dia tidak familiar dengannya... Akhirnya, jalan terakhir ya.... harus bisa menginstal OS-nya dengan USB.Panduan di Read More
  • Cara Memformat Ulang Windows XP

    Expert Reader (mode) : off Terkadang, pengguna komputer baik itu laptop maupun desktop mengalami masalah terhadap operating system (OS) yang ada. Beberapa alasan selalu kita jumpai menyertainya, antara lain : adanya virus yang sukar dihilangkan, windows sudah terlalu 'lelet' maupun tiba-tiba crash karena ada file system yang corrupt atau terhapus secara tak sengaja.Kejadian tersebut memaksa kita untuk memformat komputer kita secara clean, artinya menghapus operating system yang sudah ada dan menginstal dengan yang baru. Celakanya, data-data penting Read More
  • Seven Transformation Pack 4.0

    Bagi rekan yang suka tampilan Windows 7 dan masih menggunakan Windows XP atau Vista, berikut software pentransformasi yang dapat menampilkan fitur Windows 7. Cukup diinstal dan dipilih fitur mana yang cocok, maka semua akan berubah, dari logon screen, Welcome Screen, Visual Style, icons, wallpaper dan lainnya. Berikut screenshot-nya: Update: Theme ini sudah kedaluarsa.. Gunakan Windows 8 Transformation Pack Bagi yang berminat : Download 7TP4 Ukuran: 26.44MB | Released: 29 November 2009MD5 hash untuk EXE file: 1D1D7C8EE41D7D62F8A1280D84C44743 Read More
  • Membuat CD Auto Installer XP dengan nlite

    Pada postingan terdahulu, bagi pengguna Vista telah mengetahui cara membuat DVD auto Installer dengan Vlite. Untuk membantu rekan yang ingin berkreasi dengan XP, kali ini kita akan membuat CD auto Installer dengan nlite. Free software yang sangat berguna dalam memudahkan pembuatan proyek kita.Mungkin ada yang belum mengerti, untuk apa kita membuat seperti ini? Beberapa alasan yang mungkin bagi sejumlah orang akan membawa manfaat, antara lain : Bagi seorang administrator, yang kerjanya memelihara banyak komputer, akan lebih Read More
  • XP Theme : Windows 7 Alpha Pack

    Bagi pemakai Windows XP dan suka memodifikasi tampilan, berikut salah satu alternatif bagi anda, yaitu Windows Se7en Alpha Pack. Berisi beberapa file untuk memodifikasi tampilan : Vista Start 2 themes Screensaver 2 skin style Viorb Wallpaper Compatibility : Windows XPSP2 untuk yang XPSP3 belum dicobaYang berminat bisa download di : sini Read More
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Jum'at 18 August 2017

Menginstal Windows XP melalui USB Flash Drive

Pada artikel terdahulu, telah saya jelaskan cara menginstal Windows Vista melalui USB dan menginstall XP secara normal melalui CD rom. Barangkali sebagian dari anda telah mencobanya dan InsyaAlloh tidak mengalami kesulitan...

Tulisan ini berawal dari keluhan rekan saya asal Philipine yang mengalami kesulitan dalam menginstal Windows karena pada komputernya tidak tersedia CD rom, sementara sistem yang terinstal merupakan Program Linux dan dia tidak familiar dengannya... Akhirnya, jalan terakhir ya.... harus bisa menginstal OS-nya dengan USB.

Panduan di internet terasa 'njlimet' dan malas rasanya untuk membaca satu demi satu, akhirnya karena kasihan  dengan teman saya itu, memaksa saya untuk mencobanya juga... Nah berikut langkah yang perlu anda lakukan untuk dapat menginstal XP melalui USB dengan step yang saya sederhanakan.

Persiapan

  1. Tentunya fasilitas bios booting komputer anda harus mendukung option menu melalui USB atau removable device. Check dengan menekan tombol F2 pada saat booting.
  2. Siapkan High speed USB minimal yang berkapasitas 1 GB dan anda juga harus memiliki port USB 2.0 juga, kalo yang model lawas jangan harap bisa cepat... Sebagai reference, secara teori transfer data maksimum untuk USB 2.0 adalah 400 mbps vs USB 1.1 yang hanya 12 mbps. Pasang pada port USB komputer anda.
  3. Sumber listrik AC. Jangan memformat komputer dengan hanya bermodalkan baterai saja.
  4. CD installer windows XP dan copy ke hard disk anda misalnya C:\XPCD
  5. Driver untuk hardware komputer anda, yang harus diinstal setelah penginstalan Windows selesai. Misalnya Chipset motherboard, VGA card driver (Misalnya ATI atau NVidia), Sound card driver (Misalnya SigmaTel atau Realtek), Bloetooth, Wireless, webcam atau yang lainnya. Biasanya disertakan dalam satu CD khusus pada saat anda membeli komputer. Jika tidak ada atau hilang, anda dapat mendownloadnya melalui internet ke manufacture yang ada.
  6. Download software pendukung berupa USB Multiboot 10 (2 mb).
Kustomasi USB Flash Installer

Unpack software yang telah didownload dan double klik pada USB Multi boot (Klik di sini).bat


s1

Kemudian muncul informasi awal, dan tekan sembarang tombol.

2

Kemudian akan muncul jendela berikut :
3
 

Jika USB sudah siap, tidak usah bingung... langsung aja ketik 'P' dan enter. Ingat : semua data di USB anda akan hilang! Kemudian akan muncul jendela Pe to USB.


4

Yakinkan USB 2 GB anda ada pada 'destination drive' dan centang 'enable disk format' serta 'enable LBA (FAT 16X)'. Namai USB anda pada 'Drive Label'. Kemudian klik 'Start'. Seharusnya semua berjalan normal dan USB anda akan terformat.
Jawab 'Yes' jika ada pertanyaan yang muncul.

Jika semua selesai, klik tombol 'Close' kemudian akan muncul jendela berikut :

 
5


Ini kelihatannya membingungkan, jangan khawatir... Kita hanya perlu 3 hal :

1. Ketik '1' kemudian enter, pilih sumber XP installer anda misalnya C:\XPCD.
2. Ketik '2' kemudian enter, pilih lokasi USB drive anda.
3. Ketik '3' kemudian enter, XP files akan tercopy ke dalam USB anda dan jawab 'Yes' jika ada pertanyaan yang menyertainya.

Jika proses pengkopian selesai, pop up screen akan muncul dan menanyakan beberapa pilihan :

A : Unattended Install
- UserName = Nama Anda pada winnt.sif Unattended switch = 'yes'. UserName digunakan otomatis pada useraccounts.cmd dengan UserName yang dibuat pada $OEM$ folder yang dikopi di USB. Jika anda memilih ini maka welcome screen otomomatis tidak akan muncul karena diisi dengan nama anda tersebut.

B : Semi Unattended Install - UserName = kosong pada winnt.sif Unattended switch = 'no'. UserName dimasukan secara manual pada Windows welcomescreen. Useraccounts.cmd dibuat menjadi inactive txt file pada $OEM$ folder yang dikopi di USB.

C : Cancel - Semua dikembalikan kepada default setting, anda diminta memasukan data selama penginstalan.

Ok, sejauh ini proses pembuatan XP USB sudah selesai, ikuti seluruh panduan yang ada dan jika sudah selesai tutup jendela USB_Multiboot_10 dan USB siap digunakan.

Penginstalan XP melalui USB

Setelah semua siap, lakukan penginstalan Windows seperti berikut :

  • Masukan USB ke port USB dan hidupkan komputer anda.Pada saat booting awal, biasanya akan muncul logo brand komputer anda. Pilih boot menu melalui removable devices. Dengan cara :
* Untuk komputer /laptop baru Tekan tombol F10 atau F12 (bervariasi tergantung komputer anda). Pilih booting menu melalui removable device.
* Untuk komputer lama (Biasanya desktop). Tekan tombol Del(delete) atau F2 (tergantung komputer anda). Akan muncul Bios Setup Utility. Biasanya ada di Tab Advance atau boot dan pilih booting dari removable device. Kemudian save dan exit (biasanya F10).

Komputer akan restart, Windows akan memulai booting dari USB.Pilih TEXT Installation dan ikuti panduan memformat XP. Jika restart pilih booting dari USB lagi, jika tidak maka akan muncul pesan : hal.dll not found error dan penginstalan akan gagal.

Jadi yang perlu diingat pada proses ini adalah :

* Booting HARUS selalu dari USB, kecuali jika sudah muncul desktop windows.
* Pada saat pertama kali, pilih TEXT Installation (option 1) pada menu booting.
* Setelah itu akan booting lagi, pilih option 2 : GUI instal.
* Pada booting yang ke tiga pilih option 2 lagi : GUI instal.


Jika sudah selesai, dan muncul wallpaper XP, USB anda bisa dilepas dan rubah 1st booting ke hard disk lagi. Setelah itu install drivers yang sudah disiapkan... Selamat mencoba.

Update: Silakan gunakan software WinSetupSUB agar lebih mudah...

Comments

Administrator
  1 #5 Upgrade BiosAdministrator 2011-04-26 19:24
Quoting pray:
kalo di bios ga ada pilihan boot dari removable device gmn mas, yg ada flopy, hardisk & cdroom? bisa ditambah ga ya?
MB saya Asus P5KPL AM
(sory nanyanya telat nih, habis baru dapet problemnya)


Kemungkinan penyebab:
1. Format USB-nya dengan benar, kemudian pencet F8 di boot listing (Mungkin juga tombol lainnya)
2. Coba upgrade biosnya Mas, cuman hati-hati harus mencari sumber upgrade yg tepat sesuai model komputernya, kalo nggak bisa masalah.

Semoga membantu...
Quote
pray
1   #4 Ga ada boot dari removablepray 2011-04-24 10:02
kalo di bios ga ada pilihan boot dari removable device gmn mas, yg ada flopy, hardisk & cdroom? bisa ditambah ga ya?
MB saya Asus P5KPL AM
(sory nanyanya telat nih, habis baru dapet problemnya)
Quote
dams
  1 #3 ccqdams 2010-11-21 15:27
mas...
knapa aq punya gak bisa d install offic 2007.. pdhal xpnya sp3 n proses instalasi xp brjlan lancar...
mhn bntuannya.. :-)
Quote
fathur
  1 #2 help mefathur 2010-07-19 16:15
assalamualaikum
a.saya udah ikutin petunjuknya tapi ketika masuk ke windowsnya minta password Administrator,u dah dicoba ketik sesuai dengan yang diisi pas copi ke FD tapi gagal trz.
b.lalu saya coba lagi copi cd xp ke fd dgn password dikosongin gagal juga, suruh masukin passwordnya salah.
c.lalu saya coba lagi copi cd xp ke fd dgn semua nama-namanya sama,trz masuk admin lagi masukin password itu, eehhh gagal juga...

itu kenapa ya>>???mohon solusinya.. terima kasih....jazaka llohu khoiron..


trz saya coba pake tutorial lain
tapi pake software tambahan
1.USB_PREP8
2.PeToUSB
3.Bootsect.exe

itu berhasil tanpa minta password administrator.. . tapi ada keburukannya
1.install driver banyak yg ga bisa dibuka
2.software yg udah di install ketika di restart ga bisa dibuka.
3.software portable beberapa ga bisa dibuka..

mohon bantuannya secepatnya...sy ukron..
Quote
faqii
  1 #1 close sendirifaqii 2010-07-19 15:22
mas awal nya saya sukses booting windows xp memakai tutor dari sini. tapi untuk ke 2 kali nya ko saya gagal ya dalam menentukan source xp installer dan memilih target usb. pada saat saya pilih 1, maka jedela cmd nya akan ke close sendiri, mohon pencerahan nya
Quote
Right to copy © 2014 My Little Notes | Online Since 12 December 2008
Silakan mengkopi artikel dengan menyebutkan sumbernya.